Back StageNews

Video Musik “Be Still, My Soul”, Visualisasi Perjuangan Terdalam Dari Neonomor

Fokus Neonomora masih terus menatap kepada “Waters”, album yang tengah ia persiapkan melanjutkan karya-karya yang sebelumnya sudah ada. Terus digarap sambil menentukan kapan rangkuman karya ini akan diresmikan keluar, sebuah single bertajuk “Be Still, My Soul” pun hadir di November tahun lalu sebagai pemanas. Menyimak “Be Still, My Soul” akan membuat kita sedikit terhenyak. Karena patut diakui lagu tersebut cukup  berbeda dari apa yang biasanya tersaji dari solois bernama asli Ratih Suryahutami ini.

Single “Be Still, My Soul” memiliki level kejujuran yang murni dari seorang Ratih Suryahutami yang melihat perjalanan Neonomora secara mendalam. Empat tahun dinamika menjalankan kendaraan bermusik dan terus bertahan hingga kini menjadikan single “Be Still, My Soul” sebagai sebuah gambaran yang ingin ia bagikan.

“Awalnya lagu ini saya buat untuk self-reminder untuk diri saya sendiri, bahwa banyak yang sudah saya perjuangkan dan korbankan sampai sejauh ini, bahkan teman-teman yang baik di sekitar saya (paling dekatnya seperti teman-teman pemain band saya) pun selain mempercayai kegigihan saya, turut membantu berperan dalam kesuksean saya, sudah seharusnya saya tidak menyerah. Mungkin pesan ini bisa berhubungan dengan banyak orang, dari latar belakang yang mungkin jauh berbeda dari saya,” ungkap Ratih menjelaskan.

Single ini terus bergulir dan sejalan dengan itu, Neonomora mencoba memberikan visualisasi dari apa yang ia letakkan dalam lagu “Be Still, My Soul” ini. Menempatkan Bagoes Tresna Aji di kursi sutradara, akhirnya Jumat, 3 Februari 2017 lalu, Neonomora mempersembahkan video musik dari single terbarunya dalam halaman YouTube, Neonomora.

Melalui video musik ini, Neonomora sukses memberikan gambaran kebulatan tekad yang disertakan dengan ketabahan hati seseorang atas apa yang dia impikan dalam hidup melalui konsep yang sejalan dengan lirik yang ada di lagu.

“Ada lirik di dalam Be Still My Soul yang berbunyi, “one day you rise, one day you fall”, ini yang dijadikan penekanan dalam pengambilan gambar. Di dalam video ini fokus utamanya adalah seorang atlet yang berjuang di dalam tennis court, mengeluarkan segala kemampuan dari dalam dirinya untuk memenangkan pertandingan. Dia terlihat terjatuh lalu bangkit lagi, air keringatnya pun terpampang dengan jelas, karena saat pengambilan gambar ini sang atlet kami minta untuk benar-benar bertanding dengan lawan main,” tuturnya singkat.

“Jadi saya dan sutradara, Bagoes Tresna Adjie menghabiskan beberapa waktu berbicara tentang pengalaman pribadi saya dari menjadi musisi sejak saya pertama kali memulai ini semua sebagai Neonomora. Saya menceritakan perjuangan dan pengorbanan yang saya hadapi untuk memiliki ini sebagai karier. Saya berbicara dengan Bagoes tentang mendokumentasikan atlet sungguhan yang melakukan pertempuran tennis nyata dalam video musik ini, karena pikir saya atletlah yang bisa menampilkan dan mengkomunikasikan dengan jelas kegigihan dan perjuangan dari raut wajah dan bahasa tubuh. Akan terlihat dengan jelas kesedihan ketika mereka kalah, dan kebahagiaan ketika mereka menang, dalam medan perang. Jadi saya menghubungi petenis Indonesia yang baru saja merayakan ulang tahunnya ke 17, Joleta Budiman, kami bertemu dan setelah menghabiskan setengah hari berbagi cerita tentang perjuangan dan tentunya kemenangan dia sebagai atlet, kita langsung mendapatkan chemistry dan segera melakukan proses penggarapan beberapa minggu kemudian,” tambahnya lagi.

Single “Be Still, My Soul” telah mengudara sejak November 2016 lalu dan dapat dinikmati melalui beragam platform seperti JOOX, Spotify, Apple Music, Yonder Music dan juga iTunes. Jumat, 3 Februari 2017 lalu Neonomora juga resmi melepas video musik “Be Still, My Soul” dalam halaman YouTube miliknya.