All Access

TikTok Music Resmi Hadir di Indonesia Untuk Musisi dan Pencinta Musik

TikTok Music adalah layanan streaming musik baru dari TikTok.  Seperti yang diumumkan sebelumnya pada bulan Juli, TikTok hadirkan TikTok Music di Indonesia sebagai layanan streaming musik sosial premium yang memanfaatkan kekuatan TikTok untuk menemukan musik.

TikTok telah mendapatkan pengakuan luas atas perannya dalam mendorong para musisi pendatang baru menjadi bintang, menciptakan lagu-lagu hits yang menduduki puncak tangga lagu, serta menjadi pusat eksplorasi musik.

Dengan hadirnya TikTok Music, kini pengguna dapat meningkatkan pengalaman mendengarkan musik mereka ke tingkat selanjutnya – tidak hanya dapat menemukan, tetapi juga memilih katalog musik lengkap dari ribuan label dan musisi yang tersedia.

Pengguna juga bisa mendengarkan, berbagi, dan mengunduh berbagai musik yang mereka temukan di TikTok. Sebagai layanan musik berlangganan premium eksklusif, TikTok Music menghadirkan kualitas suara terbaik sekaligus membuka aliran pendapatan bagi para musisi dan pemegang hak cipta.

“Pusat dari TikTok Music adalah gagasan untuk menjembatani kreator musik dengan para penggemarnya. TikTok Music lebih dari sekadar layanan streaming musik melainkan model hiburan digital unik yang berkembang dalam kolaborasi, konektivitas, dan kreativitas. Komitmen kami sederhana namun mendalam. Kami ingin mengapresiasi kreativitas serta membekali kreator musik lokal dengan peralatan terbaik untuk menemukan komunitas, mengembangkan karier, serta membuka berbagai peluang di dunia nyata. Melalui TikTok Music, karya para musisi ini bisa dapat dinikmati sepenuhnya baik oleh para penggemar maupun pengguna yang sedang menemukan musik baru melalui pengalaman mendengarkan musik yang premium dan berkualitas tinggi. TikTok Music juga memanfaatkan kekuatan penemuan musik di TikTok yang memudahkan pengguna untuk mendengarkan, mengunduh, dan berbagi lagu yang mereka sukai dari TikTok secara penuh di layanan ini,” jelas Tricia Dizon, Country Group Head, TikTok Music SEA.

TikTok Music

Kian menambah kenikmatan mendengarkan musik dari TikTok, TikTok Music juga menawarkan beragam fitur unik dan inovatif di dalam aplikasi. Pengguna dapat menghubungkan akun TikTok dan TikTok Music mereka dengan mudah untuk memutar lagu favorit, menemukan artis baru, hingga terhubung dengan para pecinta musik, semuanya dalam satu aplikasi.

Sebagai aplikasi streaming musik sosial, fitur ‘Share’ dan ‘Comment’ di TikTok Music juga memudahkan pengguna untuk berbagi lagu dan daftar putar (playlist) dengan teman, mengutarakan pendapat mereka tentang suatu lagu, serta terhubung dengan komunitas musik yang memiliki pemikiran yang sama.

Aliran musik yang dipersonalisasi memungkinkan pengguna menjelajahi dan menemukan lagu dan musisi baru dari seluruh dunia. Namun, jika penguna memilih untuk mendengarkan lagu lama favorit mereka, pengguna juga dapat mengimpor playlist eksternal dan memutarnya melalui TikTok Music hanya dengan satu klik.

Pada acara peluncurannya di Indonesia, TikTok Music juga menggelar sesi bincang-bincang yang mengangkat tema ‘Music Meets Creativity: TikTok Music Buka Peluang Baru bagi Ekosistem Musik Lokal’. Sesi ini menghadirkan Matthew Tanaya, Artist Promotions Lead, TikTok Music SEA serta tiga pembicara tamu yang mewakili industri musik tanah air, Tommy Budianto, Head of Digital Sales and Revenue Enhancement, Sony Music Entertainment; musisi dan produser musik, Jevin Julian; serta penyanyi dan kreator konten musik, Aziz Hedra.

Membahas upaya TikTok Music untuk menjembatani label, musisi, artis, dan kreator musik dengan audiens yang lebih luas, Matthew Tanaya, Artist Promotions Lead, TikTok Music SEA, mengatakan, “Dedikasi kami untuk mendukung industri musik Indonesia tetap kuat. Kami secara aktif menjalin kemitraan dan kolaborasi dengan para label, musisi, dan kreator konten musik lokal. Kami juga menyediakan sebuah platform dinamis untuk dapat menampilkan dan mempromosikan karya kreatif mereka melalui TikTok Music. Sebagai komitmen kami terhadap tujuan ini, TikTok Music memperkenalkan sejumlah inisiatif yang dirancang untuk menyoroti talenta muda di Indonesia maupun karya musik yang baru ditemukan, antara lain melalui program TikTok Music Live dan TikTok Music Rising.”

Sejalan dengan komitmennya dalam mendukung kancah musik lokal, TikTok Music juga memperkenalkan sejumlah program yang dirancang khusus bagi para musisi dan pecinta musik di Indonesia. Salah satu program tersebut adalah TikTok Music Live, rangkaian konser intim dua bulanan yang menghadirkan sejumlah musisi pendatang baru dan ternama Indonesia untuk tampil secara live dan akustik di TikTok.

Edisi pertama dari TikTok Music Live akan disiarkan langsung pada Jumat (15/9) ini. Program lainnya adalah TikTok Music Rising yang akan menyorot para talenta musik Indonesia yang sedang naik daun. Melalui TikTok Music Rising, para musisi pendatang baru ini dapat berbagi karya mereka kepada khalayak yang lebih luas dan beragam.

Acara peluncuran TikTok Music pada malam hari turut dimeriahkan oleh penampilan musisi lokal berbakat yang membawakan hits terbaru mereka, antara lain V1RST (@v1rstofficial), UN1TY (@un1ty−official), Jevin Julian (@jevinjulian), Jinan Laetetia (@jinan.laetitia), Kara Chenoa (@karachenoa), Aziz Hedra (@zizhedraa), Meiska (@meiskadindap), Jaz Hayat (@jazhayat), Rizwan Fadilah (@rizwanfadilah.a.s), dan Rizky Febian (@rizkyfebian77).

Ikuti akun @TikTokMusicID di TikTok, Instagram, X, dan YouTube untuk informasi lebih lanjut seputar TikTok Music Indonesia dan berbagai program menarik yang akan datang. TikTok Music merupakan layanan streaming musik sosial premium yang dapat diunduh secara gratis di Apple App Store dan Google Play Store. Langganan bulanan dimulai dari Rp44.900.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang TikTok Music dan mendaftar akun, kunjungi https://music.tiktok.com/

GIGSSQUAD

GIGSSQUAD

GIGSCORNER.com adalah media online independen yang mengulas informasi seputar musik dan lifestyle di Indonesia