Back StageNews

Thirteen Kembali Dengan Merilis Single “Tunduk” Setelah Lama Beristirahat

4 tahun berlalu sejak terakhir Thirteen merilis karya lagu dalam bentuk album berjudul Aksi. Tepat sebelum dunia berhenti sejenak pada 2020, Thirteen tengah bersiap untuk melanglang buana bersama vokalis baru Ibrahim Aziz. Di saat Thirteen Army (sebutan fans Thirteen) dan penikmat musik lain mengira kami “hiatus”, sebenarnya kami terus membuat karya selama 2 tahun terakhir.

Adalah Riko Wibowo (Bass) dan Bondry Haryo (Gitar) yang terus “memasak” karya-karya baru Thirteen selama pandemi dan menghabiskan banyak waktu di rumah. Sebelum akhirnya difinalisasi bersama Rizky Zulfian/Eponk (Synth/Keyboard) dan dirilis. Dan lagu terbaru Thirteen berjudul Tunduk adalah salah satunya.

Tunduk lagu baru yang dirilis pada Juni lalu merupakan salah satu dari karya-karya Thirteen yang siap untuk diperdengarkan kepada publik.

“Selama dua tahun terakhir orang-orang ngiranya kita lagi hiatus, padahal kita bikin lagu terus. Cuma emang karena kita banyak maunya, kadang lagu-lagu yang dibuat malah banyak dan kalo ada yang udah sreg, ada aja BM-nya buat nambah ini itu. Sampai akhirnya lama untuk dirilis,” kenang Bondry sebelum perilisan Tunduk.

Baca Juga: Cerita Suka Duka Mezzaluna Menuntut Ilmu Di Negeri Britania Raya

Lagu Tunduk sendiri menjadi momen di mana Aziz tidak hanya menulis lirik, tapi juga unjuk gigi menampilkan karakter vokalnya.

“Di lagu ini gue pengen coba untuk bisa nyanyi, nggak cuma scream. Sebenernya di album Aksi di beberapa lagu kayak Distopia di situ gue nyanyi kan. Tapi mungkin banyak yang belum ngeh. Sedangkan di Tunduk gue pengen eksplor kalo gue nyanyi gimana,” ujar Aziz.

“Oke juga nih pas Aziz bisa juga nyanyi sama scream. Dan karakternya tuh bisa jadi warna baru lagi buat Thirteen. Apalagi gue ngeliat ke depan mungkin Thirteen bakal balik kayak dulu yang ada main synthnya dari Eponk. Jadi ditunggu aja lagu-lagu yang lainnya akan seperti apa,” aku Bondry.

Thirteen sendiri saat ini masih dalam tahap menggodok beberapa lagu baru dan rencananya di 2022 ini akan merilis beberapa single sebelum nantinya menutup tahun dengan merilis EP.

GIGS SQUAD

GIGS SQUAD

GIGSCORNER.com adalah media online independen yang mengulas informasi seputar musik dan lifestyle di Indonesia