On StageReport

Ramisu Purbalingga Jadi Penutup Nusantara Tour 2019

Purbalingga – Gelaran berbeda bertajuk Rame-Rame Minim Suara (Ramisu) singgah ke Purbalingga, tepatnya di Bakal Wisata Darimu pada Rabu (7/8/2019) malam dengan menghadirkan beberapa performer seperti Erudite, Genta Garby Loveshare featuring Dimas Wicak, KKalian Bahagia, Darimu, dan Funky Monkey.

Ramisu sendiri merupakan event milik Swarasunyi yang digunakan sebagai kampanye anti polusi suara. Dalam pertunjukannya, performer tampil seperti biasa dengan alat musik yang dimainkan, sedangkan audiencenya hanya bisa mendengar bila menggunakan headphone. “Disini kami menyediakan 50 headphone lebih,” kata pegiat Swarasunyi Purwokerto, Lij Imam Nurrokhman.

Ramisu

Darimu di Ramisu Nusantara Tour 2019

Untuk acara kali ini dari Swarasunyi berkolaborasi dengan Labbo Syndicate menggarap Nusantara Tour 2019 bersama University Malaysia Kelantan dibeberapa kota. “Pertama kami sudah ke Pekalongan, kemudian Banjarnegara, dan terakhir di Purbalingga,” ujarnya.

Sebenarnya, lanjut dia Nusantara Tour 2019 ingin ke semua kota di Indonesia hanya saja terkendala waktu yang diberlakukan. Menurutnya, tour singkat ini cukup membuat kedua culture dan budaya saling bertukar, dan dari 3 venue yang disinggahi, masing-masing cukup mempunyai keunikan tersendiri.

“Pertama di Pekalongan kami tampil di tengah hutan, kemudian di Banjarnegara kami di tengah perkampungan warga, lalu yang ketiga di tengah sawah. Semua venue tersebut susah dan mungkin tidak bisa dijumpai di Malaysia, ditambah dengan konsep silent event membuat pertunjukan yang ada menjadi lebih intimate,” kata dia.

Lij Imam berharap konsep silent yang digagas Swarasunyi dapat lebih diterima dan juga menjadi solusi bahwa membuat suatu pertunjukan yang intim tidak harus dengan biaya produksi yang tinggi. Sedangkan menggelar sebuah pertunjukan juga bisa dimana saja, seperti yang pernah dilakukan Swarasunyi bersama Labbo Syndicate ini.

Untuk acara di Pekalongan, Swarasunyi dan Labbo Syndicate berkolaborasi dengan Forest Kopi pada Senin (5/8/2019), berlanjut kolaborasi dengan Rumah Kayu di Banjarnegara pada Selasa (6/8/2019), dan terakhir kolaborasi dengan Bakal Wisata Darimu di Desa Bokol, Purbalingga.

Sebagai informasi, Swarasunyi sebagai pegiat Digital Silent Entertainment juga dapat berkolaborasi dengan berbagai event yang menggunakan konsep silent, diantaranya ada silent event, silent disco, silent talkshow, silent yoga, silent cinema, silent seminar, atau apapun yang menggunakan konsep tersebut.