Back StageNews

Rekaman Outdoor Menjadi Pengalaman Baru Bagi The Super SAS

Banyak hal menarik dalam proses rekaman album ke-8 Endank Soekamti kali ini, selain lokasinya yang berada cukup jauh di Indonesia bagian timur dan tempat proses rekaman dilakukan di atas kapal pinisi Kurabesi Explorer, rekaman kali ini juga menjadi pengalaman baru bagi The Super SAS dalam melakukan rekaman drum secara outdoor.

Mengenai rekaman drum, Erix Soekamti berkomentar, “Ini adalah take drum tercepat yang pernah terjadi selama sejarah rekaman album Endank Soekamti.”

Bagi sang drummer, The Super SAS, ini adalah salah satu pencapaian yang luar biasa karena selain pengalaman rekaman outdoor pertama, juga karena ini adalah rekaman drum tersingkat yang pernah dilakukannya selama berkarir menjadi drummer untuk pembuatan sebuah album.

 

Sebagai gambaran, dalam waktu dua hari tersebut drummer yang juga dikenal sebagai Tony Soekamti ini mampu menyelesaikan seluruh materi rekaman sebanyak total 14 track.

Endank Soekamti Album Ke-8

“Cepatnya proses take drum karena lokasi dan kondisi yang mendukung, sehingga bisa lebih fokus menyelesaikan tanggungjawab ini.” jelas The Super SAS tentang performanya tersebut.

Proses rekaman drum tersebut dilakukan di Teluk Kabui yang tenang, tak terjangkau sinyal selular, dan dikelilingi perbukitan kapur. Sehingga kondisinya benar-benar senyap.

“Ini pengalaman yang seru! Ternyata hal-hal yang dikhawatirkan, seperti gangguan suara angin dan mesin kapal, tidak terjadi.” komentar The Super SAS.

Awalnya rencana rekaman drum akan dilakukan di dek kapal paling atas, namun karena cuaca yang sering mendung maka proses rekaman dipindah ke ruang tengah kapal Kurabesi Eksplorer.

Kebetulan materi interior ruangan berukuran kurang lebih 5m x 4m dengan tinggi sekitar 2m tersebut terbuat dari kayu sehingga sangat mirip dengan interior studio rekaman.

“Interior ruangan yang terbuat dari kayu ini membuat kualitas akustik ruangan sungguh memuaskan.” komentar Grayce Soba yang menjadi sound engineer pada proses pembuatan album Endank Soekamti ke-8 ini.