Back StageNews

Nathantania Kembali Menuncurkan Karya Terbaru Bertajuk “Haze”

Nathania S. Alexandra atau yang dikenal dengan Nathantania adalah seorang penyanyi-penulis lagu dan juga produser asal Jakarta. Ia baru saja meluncurkan karya baru berjudul “Haze”. Setelah absen selama dua tahun dari dunia musik sejak rilis dua singlenya terakhir, “To Whom It May Concern” dan “This Room”, Nathantania kembali menghasilkan karya musik dari kamarnya. Kali ini, dia menggali inspirasi dari lagu-lagu lama.

“Haze” sebenarnya sudah ditulis oleh Nathantania pada tahun 2018 sebagai surat pribadi untuk sahabatnya. Lagu tersebut menggambarkan bagaimana sebuah hubungan bisa runtuh meskipun begitu dekat. Pertanyaannya adalah, ketika kita diberi kesempatan untuk memperbaikinya, apakah yang akan kita lakukan?

Bayangkan dua remaja yang penuh drama saat SMA. Mereka awalnya tak terpisahkan, tapi serangkaian pertengkaran membuat mereka tak berhubungan selama setahun. Namun, percakapan singkat mengubah segalanya. Salah satunya bertanya, “Pernahkah kau membenciku?” dan yang lainnya menjawab jujur, “Tidak, aku hanya kehilanganmu.”

Setelah percakapan itu, mereka berusaha untuk merajut kembali hubungan mereka. Momen penting terjadi di suatu hari Selasa ketika mereka menghabiskan waktu bersama dari pagi hingga malam, menikmati keindahan Jakarta. Mereka tertawa di bus, berbagi senyum di kafe, dan berduka di toko musik, sambil sesekali menangis dan tertawa sembari berjalan di malam yang dingin. Meski sempat tersesat, mereka akhirnya menemukan jalan pulang.

“Haze” mencoba untuk mengabadikan momen-momen itu melalui suara yang apa adanya. Vokal Nathantania yang unik ditemani oleh gitar akustik sebagai instrumen utama. Pada awal lagu, pendengar disuguhkan kesan seolah-olah berada di ruangan yang sama dengan Nathantania karena kedekatan suara. Namun, seiring berjalannya lagu, kita dibawa pada dunia yang lebih luas dengan tambahan instrumen lain, menciptakan harmoni yang sederhana dan tulus.

Proses produksi lagu ini memakan waktu cukup lama bagi Nathantania karena ini merupakan lagu serius pertamanya. Dia ingin setiap aransemen benar-benar mencerminkan cerita di balik lagu ini. Akhirnya, setelah enam tahun, Nathantania menyimpulkan bahwa “Haze” sebenarnya hanya membutuhkan gitar akustik dan vokal sebagai fondasi utama, persis seperti saat pertama kali dinyanyikan di depan orang-orang yang berkontribusi dalam lagu ini.

GIGSSQUAD

GIGSSQUAD

GIGSCORNER.com adalah media online independen yang mengulas informasi seputar musik dan lifestyle di Indonesia