Back StageNews

Dhira Bongs Mencoba Menjadi Multi Instrumentalis Di Single Jangan Tumbuh

Curiga sering dijadikan alasan tercetusnya tindakan memberi tekanan pada pasangan, terutama ketika tertangkap basah ada campur tangan lain dalam hubungan. Selain cemburu, alasan lain memberi tekanan tersebut bisa saja karena sedang merasa terancam, entah itu karena takut pasangannya direbut; atau bahkan sekadar berniat melindungi atau mencegah dari hal yang tidak diinginkan. Hal ini menantang Dhira Bongs untuk menceritakannya lewat single terbaru: Jangan Tumbuh.

Ia memainkan peran sebagai pihak yang dicurigai, lalu merasa bersalah, namun larangan tersebut justru menimbulkan usaha untuk memberi peringatan bahwa tidak menutup kemungkinan yang terjadi adalah hal yang sebaliknya. Seolah semakin dilarang, semakin menjadi. Setelah merilis lagu “Strugglin” semester silam yang menceritakan tentang bagaimana mempertahankan diri dalam bermusik, sekarang Dhira Bongs menceritakan ribetnya memper tahankan sebuah hubungan.

Dhira Bongs mencoba mengalir dengan arus chillwave yang cukup kontras dengan garapan musik yang sebelumnya. Eksplorasi Dhira Bongs terfokus pada struktur alur penceritaan, ia berkisah, awal konflik dan konklusi yang menyajikan ending terbuka, seperti layaknya dalam penceritaan sebuah film. Selain menulis lirik dan membuat komposisi, kali ini Dhira Bongs mencoba menjadi multi instrumentalis dengan cara memainkan seluruh instrumen yang berada pada track Jangan Tumbuh.  Single ini diluncurkan pada 20 Juli 2018 dan Music Videonya akan tayang perdana di Ruang Galeri The Silk Art & Design Hotel, Bandung pada 25 Juli 2018.

Ketika  berperan  sebagai  karakter  yang  lebih  pasif  dan subdominan, yang umumnya selalu menjadi sasaran empuk   untuk dipersalahkan, Dhira Bongs menilik keadaan ini  justru  menjadi celah kekuatan untuk memberi umpan balik berupa sebuah gertakan yang halus, diam-diam, dan mungkin saja berbahaya.

Hanyut  dalam  perasaan  tertekan  ketika  ada  yang berusaha  mendominasi  adalah hal yang sulit disuarakan. Terlebih lagi, bisa jadi selama ini banyak  diantara kita yang pernah memiliki suara yang sama, tidak terkecuali Dhira Bongs sendiri dan mungkin kamu, dia, atau mereka yang sedang memiliki  permasalahan tentang perasaan bersalah.